5 Manfaat Senam Hamil Agar Tubuh Bumil Tetap Sehat dan Bugar

5 Manfaat Senam Hamil Agar Tubuh Bumil Tetap Sehat dan Bugar

Siapa bilang ibu hamil tak boleh berolahraga? Kebanyakan orang, saking khawatirnya pada bumil mereka melarang ibu hamil untuk berolahraga. Hal tersebut dilakukan karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan pada janin yang sedang dikandungnya. Padahal, seorang ibu hamil malah dianjurkan untuk berolahraga agar badannya tetap sehat dan proses melahirkan pun jadi lebih mudah. Hanya saja, olahraga yang dipilihnya harus olahraga yang tidak membutuhkan banyak tenaga, misalnya jogging, renang, atau senam. Sekarang ini malah banyak senam hamil yang ditawarkan di masyarakat. Apa sebenarnya Manfaat Senam Hamil tersebut? Lebih lanjut, simak informasi berikut ini.

5 Manfaat Senam Hamil Agar Tubuh Bumil Tetap Sehat dan Bugar

Menjaga Stamina Ibu Hamil

Banyak orang yang mengira bahwa ibu hamil tidak boleh banyak bergerak, apalagi berolahraga. Namun, dalam kenyataannya olahraga sangat diperlukan oleh ibu hamil supaya staminanya tetap terjaga. Ketika stamina ibu hamil bagus, maka pertumbuhan janin pada kandungannya pun juga bisa sempurna. Aktivitasnya pun bisa berjalan dengan normal, meskipun ia sedang berbadan dua.

Mengontrol Berat Badan

Manfaat Senam Hamil yang kedua adalah untuk media diet ibu hamil. Salah satu cara diet adalah berolahraga. Jangan salah tidak hanya orang yang memiliki berat badan berlebih saja yang dianjurkan untuk mengurangi berat badannya. Tetapi, ibu yang sedang hamil pun harus pandai mengatur berat badannya. Hal tersebut dikarenakan agar pertumbuhan janinnya tetap sehat. Ketika ibu hamil kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan, hal tersebut bisa menyulitkan persalinannya. Untuk itulah, senam ibu hamil sangatlah bermanfaat untuk menstabilkan berat badan ibu hamil.

Mencegah Kebengkakan Pada Tubuh Ibu Hamil

Pastilah Anda sering melihat ibu-ibu yang bengkak pada saat hamil. Biasanya, bagian tubuh yang bengkak adalah kaki dan tangan. Hal tersebut tentunya tidaklah bagus buat kesehatan ibu hamil dan bayinya. Bengkak tersebut dikarenakan kurangnya aktivitas sang ibu sehingga metabolism tubuhnya tidak bisa berjalan dengan sempurna. Oleh karena itu, agar bengkak tidak dirasakan ibu yang sedang hamil, alangkah baiknya ia rajin melakukan olahraga. Salah satu olahraga yang bisa dilakukannya adalah senam hamil. Manfaat senam hamil pastilah akan terasa jika Anda melakukannya secara rutin.

Mengurangi Resiko Diabetes

Salah satu manfaat lainnya dari senam hamil adalah mengurangi resiko diabetes. Diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Terkadang, penyakit ini bisa menyerang ibu hamil, padahal sebelumnya ibu hamil tersebut tidak memiliki riwayat diabetes sebelum ia mengandung buah hatinya. Anda tak perlu khawatir, Anda bisa mencegah penyakit ini dengan rajin melakukan senam hamil. Senam hamil tersebut akan membantu melancarkan metabolism tubuh Anda sehingga kadar gula dalam darah Anda pun bisa normal. Apalagi, jika diabetes sudah menyerang Anda sebelum Anda hamil, sebaiknya Anda rajin senam hamil supaya penyakit tersebut tidak membahayakan Anda dan bayi yang ada dalam kandungan Anda.

Membuat Ibu Hamil Tidur Nyenyak

Manfaat dari senam hamil selanjutnya adalah membuat ibu hamil gampang saat tidur. Kebanyakan ibu hamil selalu mengeluh karena ia tidak bisa tidur dengan pulas. Banyak dari mereka yang hanya guling sana guling sini padahal sudah waktunya istirahat. Hal tersebut dikarenakan kondisi badan yang serba tak enak. Salah satu cara yang bisa dilakukannya adalah dengan rutin mengikuti senam hamil. Saat olahraga tersebut dijalani dengan rutin, metabolisme pun juga akan berjalan dengan lancar sehingga ibu hamil pun bisa tidur dengan nyenyak sampai pagi hari tiba.

Demikianlah tadi beberapa Manfaat Senam Hamil yang penting untuk anda ketahui. Semoga informasi tentang manfaat dari senam hamil di atas bermanfaat bagi para pembaca.